Thursday, July 8, 2010

BottleSmoker - Slow Mo Smile

A re-release from the old Shining Records' catalogue.

Shine 002 / Sugar 002 - BottleSmoker - Slow Mo Smile
bottlesmoker_depan.jpg
Here you can download BottleSmoker's ep Slow Mo Smile, previously released by the Probably Worse Records. BottleSmoker are two young lads from Bandung Indonesia with deep passionated electro pop soul. And surely is they are in love with their PCs.

Download all 8 track.
Hello We Are Bottle Smoker
Where's My Wings ?
Slow Mo Smile
Stringless Purslane
Semantic Island
Before Circus Over
A Lot of Numbers
You Just a Noise For Me

download cover depan | cover belakang (hi-res)

bottlesmoker_depan.jpgbottlesmoker_belakang2.jpg

- shine 002 - Shining Records 2008 -

BOTTLESMOKER

Background Information
Origin Bandung, Indonesia
Genres Electro pop
Lounge
Musik kamar

Years active 2003 – present
Label ProbablyWorse Record
Shining Records

Members
Angkuy
Nobie

BottleSmoker adalah sebuah project musik yang bersifat tulus. Tahun 2003, Angkuy yang tinggal di kost-kostan dengan orientasi hidup cenderung di kamar yang hanya ditemani oleh computer Pentium II 350Mhz mencoba mengekspresikan perasaannya melalui program Fruity Loops. Berawal dari share lagu melalui computer to computer teman-temannya, lagu-lagu yang ditulis akhirnya mendapat respon positif dan menantang Angkuy untuk terus menulis lagu dan menyebarkannya. Tahun 2004, BottleSmoker mengisi sebuah festival loop yang diadakan di IF Venue, yaitu “Friday I’m In Loops”. Sebuah festival yang menjadi trigger bagi Angkuy untuk meneruskan project musiknya. Tidak hanya itu, tahun 2005 Angkuy mengajak Nobie untuk bergabung dengan BottleSmoker mengambil posisi programer..

Sebuah konsep yang diambil adalah musik kamar. Sebuah musik yang diproduksi di kamar sendiri dan cocok didengarkan di kamar. Dengan musik yang instrumentally, BottleSmoker memiliki packs dan beats yang artificial, karena pure menggunakan sounds dari komputer. Komputer telah dianggap istri bagi Angkuy dan Nobie. Dengan inspirasi itu, tahun 2004 BottleSmoker mengeluarkan EP ”Computer Is My Wife” yang membawa BottleSmoker mengisi acara “Beatles Nite 2” di Batu Api atas hasil meng-cover version “Let It Be”-nya Beatles.

Tidak hanya Beatles yang telah menjadi influences bagi BottleSmoker. Mum, Manitoba, Telefon Tel Aviv, Flaming Lips dan Fisherspooner telah cukup banyak memengaruhi musik mereka. Selain itu, artis-artis netlabel seperti observatoryonline.com dan midnetterecord telah menjadi contoh penting dan influence dalam berkarya.

Melalui jaringan internet yang megah, BottleSmoker telah berjalan nyaman di dunia myspace. Melalui myspace ini lah sebuah CD Culture yang mengadaptasi dari Cassete Culture, BottleSmoker menyebarkan materi-materi lagu kepada pendengarnya secara gratis. Pengunjung BottleSmoker di myspace bisa mendownload gratis atau mengirimkan CD-Blank ke alamat BottleSmoker dan mereka akan me-resend CD tersebut dengan isi lagu-lagu plus slave covernya. Melalui jaringan internet ini pun, Angkuy sebagai arranger dan song writer banyak diajak untuk collaborating dengan musisi komputer lainnya. Collaborating Angkuy cukup membawa nama BottleSmoker dan musisi komputer Indonesia ke luar, musisi Filipina Mark Redito telah berhasil ber-collaborate melalui lagu ”Mini Family” kemudian lagu ”Come Back To The Light” yang berada di album instant version “Before Circus Over” telah di remixed oleh BleedingBoy (Filipina). Selain itu, Angkuy sekarang sedang sibuk untuk mencoba ber-collaborating dengan Stereo Coach.

Halangan progress bekerjasama dengan inspirecord (Malaysia) membawa jalan bagi BottleSmoker untuk tetap menjadi band yang tulus, yang akan terus menulis dan menghasilkan lagu yang akan disebarkan secara gratis. Dengan musik kamarnya itu, tidak ada label-label berbentuk fisik yang sesuai dengan visi misi BottleSmoker. Maka, mereka tetap berada di jalur musik yang penuh ketulusan, misalnya netlabel. Tidak bergabung dengan record label fisik, tidak membuat buta BottleSmoker untuk menyebarkan materi lagunya. 2 album 2 EP yang telah dihasilkannya pun disebarkan dengan CD Culture atau SASE (Send Adress Self Envelope) juga disebarkan secara radikal dan vandal di komputer-komputer warnet, maka orang-orang bisa mendapatkan lagu-lagunya, selain itu disebarkan melalui hand by hand dalam bentuk Data Disc. Adanya kepedulian orang-orang terhadap musisi-musisi tulus seperti WastedRockers membawa BottleSmoker tetap bertahan dan merasa nyaman dengan idealisme tersebut. Akhirnya BottleSmoker masuk dalam WastedRockers Vol. 1 Compilation.

Discography

Albums
slow mo smile 2008 (probablyworse record)
before circus over 2006 (self release with CD-R Mode)
from the smoke, computer, and a room smile 2004 (self release with CD-R Mode)

EPs
messager day 2005 (self release with CD-R Mode)
computer is my wife 2003 (self release with CD-R Mode)

Compilations
Unsigned Band Compilation (2008)
wastedrockers vol.1 comp (still on progress)
friday i’m in loops (2003)

Contact
Angkuy 022 9155 4845
Nobie 0856 229 2349

http : www.myspace.com/bottlesmoker
email : bottle_smoker@yahoo.com
ym : mencoba_menulis

probablyworse.gif

Shining Records

No comments:

Post a Comment